Menu

Mode Gelap

Natuna · 29 Oct 2023 WIB

Pemda Natuna Gelar Kajian Ahlussunah Wal Jama’ah Bersama Ustadz Abdul Somad


Pemda Natuna Gelar Kajian Ahlussunah Wal Jama’ah Bersama Ustadz Abdul Somad Perbesar

Natindonews.com.  Natuna – Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mendengarkan Kajian Penguatan Aqidah Ahlusunnah Wal jama’ah bersama Ustadz H. Abdul Somad di Kantor Bupati Natuna, Jum’at (27/10/2023).

Hadir dalam kegiatan, Bupati dan Wakil Bupati Natuna, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabid, Kasi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Adapun Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadis, dan ahli fikih. Merekalah yang mengikuti dan berpegang teguh dengan sunnah Nabi dan sunnah Khulafaurrasyidin setelahnya. Mereka adalah kelompok yang selamat.

Bupati Natuna, Wan Siswandi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai paham Aswaja kepada jajaran Pemda Natuna sehingga nantinya akan menjadi muslim yang terus berkembang dalam hal keyakinan, ketakwaan kepada serta berakhlak mulia dalam kehidupan individual maupun bermasyarakat.

Ia menambahkan, Ahlussunnah Wal Jamaah diyakini sebagai pilar utama Islam yang mempertahankan ajaran Islam murni. Mereka berpegang pada pemahaman awal Islam yang dibawa Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

“Akan banyak ilmu dan manfaat yang akan kita dapatkan, untuk itu mari kita dengar dengan seksama ceramah yang akan di sampaikan oleh Ustadz Abdul Somad dan kita ambil hikmahnya,” tutup Bupati.

Sementara Ustadz H. Abdul Somad dalam ceramahnya menyampaikan Ahlussunnah wal Jamaah adalah seseorang dalam Aqidah/Tauhidnya menganut kepada Abul Hasan Al-Asy’ari, dalam Syariah/Fiqih menganut madzhab Syafi’i dan Tasawufnya imam Al Ghazali.

Ia menambahkan, definisi Ahlussunnah itu cukup kenali ulama-ulamanya, imam-imamnya dan amal-amalnya serta menjaga persatuannya supaya selamat dari kelompok-kelompok khawarij, murji’ah, muktazilah, qadariyah, jabariyah, Wahabi dan berbagai macam aliran-aliran sesat yang dari zaman nabi sampai zaman sahabat zaman tabiin sampai zaman sekarang.

“benteng yang menjaga Indonesia, menjaga bumi Melayu menjaga Natuna itu adalah ilmu pengetahuan terutama bahasa arab, untuk itu mari kita arahkan anak-anak kita ke pesantren dan sekolah islam agar mereka memiliki pengetahuan tentang keagamaan yang baik,” sebutnya.

Selain itu,ia juga mengajak jajaran Pemda dan masyarakat Natuna untuk selalu menolong agama Allah.

“Gimana cara menolong agama, tidak perlu masuk berfatwa menafsirkan ayat tapi dengan membangun pondok pesantren atau mengirim ke anaknya ke Timur Tengah agar menjadi seorang yang paham akan agama,” paparnya.

“Jangan pernah takut untuk menyekolahkan anak ke pesantren, karena sejatinya sekolah keagamaan lah yang akan menolong agama bukan sekolah umum,” tutupnya.

Seusai melaksanakan kajian Kajian Penguatan Aqidah Ahlusunnah Wal jama’ah bersama jajaran Pemda Natuna, Ustadz H. Abdul Somad akan melaksanakan Tabligh Akbar di Pulau Midai pada Jum’at malam 27 Oktober 2023. (Har)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanjung Setelung Targetkan Juara Sepak Bola Serasan Cup, Debi: Rencana Kita Turunkan 3 Tim

24 July 2024 - 18:00 WIB

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Kec Serasan Gelar Beberapa Turnamen, Bupati Natuna: Jaga Silaturahmi

24 July 2024 - 16:18 WIB

Bupati Natuna Mampu Bangun SDM Hingga Posisi ke 9 se-Indonesia Dengan 78,23 Poin

21 July 2024 - 12:10 WIB

Ketua DPC PDI Perjuangan Optimis, WS-RH Kembali Dapat Amanah Dari Masyarakat Pimpin Daerah Ini

21 July 2024 - 06:33 WIB

Dinilai Layak, PAN Beri Rekomendasi WS-RH Kembali Maju Maju Dalam Pilkada Natuna 2024 Lanjut 2 Periode

21 July 2024 - 03:21 WIB

Hanura Siap Hantar WS-RH 2 Periode, Syaifullah: Selain Kader yang Maju, WS-RH Layak Diperjuangkan

21 July 2024 - 02:01 WIB

Trending di Natuna